KLAIM ISRAEL ATAS REVOLUSI ARAB

Hasil riset yang dilakukan oleh pusat kajian strategi Israel meragukan bahwa revolusi Arab akan melahirkan sistem demokrasi yang hakiki. Seperti yang terjadi pada Mesir saat ini, jatuhnya Hosni Mobarak akibat unjuk rasa besar-besaran menurutnya hanya mengakibatkan pergeseran  kursi kekuasaannya saja tanpa pengaruh signifikan terhadap eksistensi Israel di dunia Arab.

Menurutnya permasalahan yang akan muncul berikutnya adalah persoalan ekonomi dalam negeri Mesir yang dianggap memiliki ketergantungan besar terhadapI srael baik langsung maupun tidak langsung. Perjanjian damai Camp David antara Mesir dan Israel pada tahun 1979 sangat membantu Israel untuk mengurangi anggaran pertahanan dari 30 persen menjadi 7 persen dari tahun 1974 hingga tahun 2010. Penurunan yang sangat drastis tersebut mendorong pertumbuhan ekonomi Israel menjadi sangat fantastis selama lebih dari tiga dekade terakhir.

 Demikianpun dengan Revolusi rakyat Suriah, Israel tetap merasa aman sebab rezim Bashar al Assad memiliki komitmen untuk menjaga stabilitas di dataran Tinggi Golan. Menurutnya siapapun nanti yang akan memegang kekuasaan, Suriah tidak akan mampu melancarkan perang terhadap Israel disebabkan perimbangan kekuatan yang sangat jauh.

Kekhawatiran saat ini justeru apabila terjadi pergolakan di Jordania. Sebab akan memiliki pengaruh yang besar terhadap eksistensi Israel.  Hal ini disebabkan jika mayoritas warga Palestina yang terdapat di Jordania mendapatkan kemenangan dalam revolusi yang dilakukan,  maka akan menjadi ancaman besar bagi Israel pada pola konflik Arab Israel.

Demikian juga peristiwa di Bahrain akan memberikan dampak besar pula bagi Israel. Kekhawatiran Israel lebih pada jika mayoritas Syiah di Bahrain berkuasa, maka akan kembali terjalin hubungan diplomatik dengan Iran. Dan hal ini lah yang sangat mengkhawatirkan Israel dan dunia Barat.

Kekhawatiran itu memang sangat masuk akal melihat bagaimana  superioritas Iran saat ini telah mulai mengguncang hegemoni Barat dan Israel. Transformasi nilai yang cukup revolusioner telah terbukti nyata dengan munculnya gerakan-gerakan revolusi yang terjadi di Arab beberapa waktu terakhir.

One thought on “KLAIM ISRAEL ATAS REVOLUSI ARAB”

  1. Hi there, after reading this amazing paragraph i am too cheerful to share my familiarity here with friends.
    twitter for business it will be an extremely prudent investment decision for the business.

    buy followers on twitter it will be an incredibly clever financial commitment to your
    business.
    twitter profile, buy twitter followers cheap, drive more
    Supporters upon Twitter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s