BELAJAR BERBASIS TOPOGARFI OTAK

Penulis : Muhammad Alwi

“Pembelajaran Berbasis Topografi Otak” Dengan Basis Multiple Intelligence dan Emotional Question & Integrasinya Terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”. Mengapa kita menangis melihat telenovela, padahal kita tahu itu sebuah acara bohong-bohongan? Mengapa kalau guru killer anak makin tidak bisa? Mengapa kita perlu memperhatikan otak kanan kita? Mengapa banyak anak yang takut bicara didepan kelas? Mengapa emosi sangat penting dalam belajar? Bagaimana mekanisme mempengaruhi daya ingat, penyerapan ilmu dst? Bahkan orang gilapun kemampuannya tentang berenang tidak hilang, sementara ilmu kita yang normal banyak yang hilang? Mengapa suasana kelas harus nyaman? Mengapa pengalaman kita saat kecil ada yang tetap diingat dan ada yang tidak? Bagaimana memanfaatkan kapasitas otak yang katanya mampu menampung 400 trilyun kitab @ 500 halaman?

Bagaimana orang seperti Kim Peek bisa hafal 12000 buku, tetapi memakai pakaian dan bersepatu masih harus dibantu orang tuanya? Dalam buku ini kita akan mendapatkan penjelasannya. Buku ini, “Pembelajaran Berbasis Topografi Otak dengan Basis Multiple Intelligence dan Emotional Question dan Integrasinya terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”. Berintikan bagaimana memanfaatkan temuan-temuan, riset-riset dari neurosain, Topografi otak seperti Otak Tribune (Penggagasnya Paul McLean); yang meliputi; Otak Reptile (Otak Bawah), System Limbic (Otak Tengah) dan Neo-Kortek (Otak Atas) terhadap pembelajaran disekolah dan kelas dengan berusaha, dengan bahasa yang sangat-sangat difahami guru disekolah. Juga bagaimana topografi system otak Kanan-Kiri (Roger Sperry), dimanfaatkan dalam pembelajaran disekolah dan mengaktifkan bagian-bagian itu. Bagaimana topografi otak mengenai otak emosional (Sistem Limbik dan Prefrontal, dari temuan-temuan ahli neurosain semacam Antonio Damasio dan Joseph LeDeoux), bagaimana memanfaatkan Topografi Otak, ‘Otak Sadar’ dan ‘Otak Tak Sadar’ (Konsep Psikologi Frued, Psikoanalisa yang banyak dipakai di Hipnosis dan penyembuhan, Terapi), dalam upayanya meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan bicara didepan kelas, kemampuannya menghilangkan stress dan takut, fobia dan lain sebagainya (Disini sedikit diberikan contoh- contoh terapinya, khususnya terapi-kognitif). Penggunaan-penggunaan temuan ini, diupayakan sampai tingkat dalam pembelajaran kelas. Dimana untuk Integrasinya masuk diruang kelas (mulai dari Silabus, lesson Plan (RPP), Strategi mengajar, pembuatan soal, evaluasi sampai Supervisi Kepala Sekolah) digunakan dengan Percampuran antara KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang sudah secara umum dikuasai oleh guru-guru dengan metode Multiple Intelligence. Dengan ini maka tingkat penggunaannya akan mudah (karena guru-guru cukup familier) dan acceptabilitasnya tinggi. Diharapkan dengan itu semua maka, Belajar untuk Menjadi Bahagia dan Sukses Sejati…akan dapat diraih. (Insya Allah akan Terbit Akhir 2011 atau awal 2012).

Penulis : Muhammad Alwi, Human Learning Specialist. Pernah Kuliah di Kedokteran Umum Univ Airlangga Surabaya, Alumini Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang (Human Resource Manajemen), Alumni Univ Negeri Malang, Jurusan Pendidikan dan sekarang sebagai Trainer Pemberdayaan Guru dan Karyawan, mulai dari Belajar Cara Belajar, Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Topogarfi Otak, Effective Communication for Succes Bussines, Power Personality dan Performance Barrier. Penulis sekarang sedang studi di Jurusan Psikologi. Buku yang sudah diterbitkan; “Belajar Menjadi bahagia dan Sukses Sejati, Penerapan Multiple Intelligence dalam Keluarga, Lembaga Pendidikan dan Bisnis” (Elexmedia Kompas Gramedia-2011, 304 halaman).

5 thoughts on “BELAJAR BERBASIS TOPOGARFI OTAK”

  1. Artikel menarik..blognya juga keren..
    Salah satu cara menyelamatkan anak-anak adalah melalui media pendidikan..
    Karena setiap anak pasti akan mengecapnya…
    Senang berkunjung di blog anda yang juga peduli pada dunia anak…
    Saya juga punya artikel tentang dunia anak-anak di blog saya..
    Ada juga :
    1. Tips parenting
    2. Pendidikan kreatif anak
    3. Dongeng pendidikan..
    4. Lagu anak
    5. D l l
    Semua ada di http://lagu2anak.blogspot.com

    Salam kenal dari Kak Zepe
    Mari bertukar link.. 

  2. Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini. Sebagaimana kita tahu pendidikan menjadi harga yg tak bisa ditawar dlm mengaktualkan potensi sumberdaya manusia. Semoga apa yg sedikit ini bisa memberikan manfaat untuk saling berbagi pengetahuan. Terima kasih atas share linknya…sy akan berkunjung di blognya. Salam silaturahim…

  3. Great info, beneficial and also outstanding layout, as reveal nutrients with plans and ideas, a whole lot details as well as inspiration, both of which I want, as a result of provide this type of helpful information below.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s