HIKMAH

Hati adalah harta hikmah dan ilmu. Hati yanng paling baik adalah hati yang memberi lebih banyak ruang untuk ilmu dan hikmah (Ucapan Imam Ali kepada Kumail)

Orang yang tidak menebar bibit cinta, tidak akan mengetahui bahkan sebutir kesempurnaan sekalipun. Orang yang tidak menemukan (mengenalMu) apa yang dia dapat ? Dan orang yang telah menemukan (mengenalMu) apa yang tidak ia dapat ?

Tuntutlah ilmu dan berhiaslah dengan ilmu bersama kesabaran dan ketetapan hati. Bertawadluklah kepada orang yang mengajarimu ilmu dan bertawadluklah kepada orang yang belajar ilmu kepadamu, dan janganlah menjadi orang berilmu yang sewenang-wenang sebab kebatilanmu menyebabkan lenyapnya kebenaran dalam dirimu (Imam Shadiq)

Sesungguhnya orang yang paling layak untuk berkhidmat (mengabdi) adalah orang alim (berilmu). Aku merendahkan hati sedemikian supaya kalian bertawadlu setelahku ditengah orang-orang seperti tawadlukku kepada kalian. Dan dengan tawadlu ilmu akan dibangun (Nabi Isa as)

Puncak dari ilmu adalah ketawadlukan (Imam Ali )

Putraku, bersikap sopanlah demi kebenaran agar engkau dapat menjadi orang yang paling bijak. Sesungguhnya orang yang bijak merendah dihadapan kebenaran (nasihat Luqman kpd puteranya : Riwayat Imam Shadiq)

Sesungguhnya dunia ini adalah kebodohan dan kesia-siaan mutlak, kecuali tempat-tempat belajar,  dan semua ilmu adalah fakta  yang memberatkan manusia, kecuali ilmu yang diamalkan, dan semua amalan adalah kemunafikan kecuali yang dilakukan dengan niat ikhlas. Dan keikhlasan  inipun berbahaya kecuali manusia memahami dijalan apa hidupnya bakal berakhir (Imam Ali)

Bersikap lembut dan ramahlah kalian kepada hamba-hamba Allah dan janganlah kalian bebani mereka sesuatu yang mereka tidak sanggup memikulnya, yang mana mereka menjadi lari dari beban (Imam Shadiq)

Janganlah engkau mengecam seseorang dengan dosa, sesungguhnya tiga hal yang paling Allah cintai adalah hemat di waktu kaya, maaf di kala kuat dan lemah lembut pada hamba-hamba Allah (nasehat Nabi Khidhir as, kepada Nabi Musa as)

Barangsiapa zuhud di dunia, niscaya Allah tetapkan hikmah dalam hatinya, membuat lisannya berbicara dengan penuh hikmah, menerangkan aib-aib dunia, penyakit dan penawarnya serta mengeluarkannya dari dunia dengan selamat hingga menuju darussalam (rumah keselamatan)

Zuhud adalah ketika engkau meninggalkan segala sesuatu yang melalaikanmu dari Allah tanpa penyesalan atas kehilangannya dan tanpa kebanggaan dalam meninggalkannya.

Hubungan hati (kecintaan) pada rahmat Al Haqq menjadi sumber bagi tarbiyah nafs (jiwa) dan pelembutan hati yang keras.

Pembentangan hamparan wujud dan kesempurnaan wujud adalah dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Orang terkaya dari yang kaya ialah orang yang tidak menjadi tawanan hirsh (ketamakan)

Hati yang tunduk dan suci atau salim adalah hati yang akan menemui Tuhannya ketika tidak ada apapun selainNya di dalam dirinya, dan setiap hati yang didalamnya ada syirik atau keraguan, maka itu hati yang cacat atau sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sampaikanlah kebenaran dengan cara yang benar….

%d blogger menyukai ini: